KAI Siapkan Langkah Strategis Hadapi Angkutan Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

Must read

Businesstrack.id- PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan perjalanan kereta api selama angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengungkapkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa angkutan liburan tersebut.

“Dalam rangka menyambut periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan kenyamanan dan keselamatan perjalanan kereta api di seluruh wilayah operasional,” ujar Anne Purba di Jakarta, Senin (25/11/2024).

Anne menambahkan bahwa keberhasilan perjalanan kereta api sangat bergantung pada prasarana dan sarana yang optimal. Oleh karena itu, KAI mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mendukung kelancaran perjalanan, termasuk dari segi fasilitas dan SDM.

Persiapan SDM dan Fasilitas

KAI memastikan seluruh petugas operasional, termasuk masinis, asisten masinis, dan petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, serta customer service, siap menjalankan standar operasional prosedur dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. “Kami memastikan petugas siap memberikan pelayanan terbaik selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru,” kata Anne.

Dari sisi fasilitas, KAI juga melakukan persiapan secara maksimal, termasuk menjaga kebersihan stasiun, ruang tunggu, toilet, dan kereta untuk menciptakan kenyamanan bagi pelanggan. Selain itu, pengelolaan arus penumpang di stasiun juga dipastikan berjalan lancar.

Keamanan dan Keselamatan

Untuk meningkatkan keselamatan, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang akan siap sedia 24 jam, serta menambah personel siaga di lokasi-lokasi prioritas seperti perlintasan tidak terjaga dengan volume lalu lintas tinggi. Sebanyak 777 tenaga tambahan akan ditempatkan di area Jawa dan Sumatera, termasuk penjaga jalan lintas, petugas pemeriksa jalur, dan petugas di daerah pemantauan khusus (dapsus). Semua petugas ini telah menjalani pelatihan intensif untuk meningkatkan keahlian mereka di lapangan.

Anne juga menyebutkan bahwa KAI melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan dan kesiapan lokomotif untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Selain itu, pengawasan dan pemeriksaan intensif juga dilakukan di titik-titik rawan bencana.

Kolaborasi dengan Aparat Keamanan

Untuk mendukung kelancaran perjalanan, KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan dan koordinasi dengan pihak kewilayahan setempat. Keamanan dan ketertiban perjalanan kereta api diperkuat dengan melibatkan polsuska, security, serta bekerja sama dengan TNI/Polri dari pihak eksternal.

Imbauan kepada Pelanggan

KAI juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan informasi resmi dan tidak ragu untuk meminta bantuan kepada petugas jika diperlukan. “Kami berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan kereta api,” ujar Anne.

Dengan persiapan yang matang, KAI berharap dapat memberikan pelayanan terbaik dan memastikan kelancaran perjalanan kereta api selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, mendukung kenyamanan dan keselamatan para penumpang.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article