Businesstrack.id- PT Semen Indonesia (SIG) memberikan apresiasi kepada mitra-mitra strategisnya yang telah bersinergi untuk mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan, terutama dalam memasarkan semen hijau yang ramah lingkungan. Semen hijau SIG, yang dikenal dengan produk unggulan seperti Semen Gresik dan Dynamix, telah memainkan peran penting dalam membawa solusi ramah lingkungan lebih dekat ke masyarakat Indonesia.
“Sebagai mitra strategis, para pelanggan telah memainkan peran luar biasa dalam membawa produk unggulan SIG seperti Semen Gresik dan Dynamix lebih dekat dengan masyarakat Indonesia,” kata Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG, Subhan, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.
Sebagai perusahaan BUMN, Subhan menegaskan bahwa SIG berkomitmen untuk memastikan kualitas produk terbaik dapat dirasakan oleh seluruh kalangan, mulai dari proyek kecil hingga pembangunan infrastruktur nasional. Meskipun menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, SIG tetap mampu menunjukkan kinerja positif dengan fokus pada pengelolaan pasar yang efisien.
Dalam acara Retail Gathering yang digelar di wilayah Jawa Timur, Subhan juga memberikan apresiasi kepada Novitasari (32), pemilik Toko Bangunan (TB) Agung Jaya di Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang telah mengandalkan semen hijau SIG untuk mengembangkan usahanya. Novitasari menyatakan bahwa semen hijau SIG sudah dikenal luas karena kualitasnya yang unggul dan sifatnya yang ramah lingkungan, sehingga banyak diminati oleh konsumen.
“Sejak memulai usaha, saya hanya fokus pada produk-produk SIG. Selain berkualitas, produk-produk SIG juga ramah lingkungan, dan itu yang membuatnya banyak diminati konsumen,” kata Novitasari. Ia menambahkan bahwa dalam sehari, tokonya bisa menerima kiriman hingga 200 sak semen produk SIG, dan dalam kondisi pasar ramai, jumlah kiriman bisa meningkat dua kali lipat. Dari sisi omzet, Novitasari mengungkapkan bahwa usahanya dapat menghasilkan sekitar Rp10 juta – Rp12 juta per hari.
Pada tahun 2024, SIG mencatatkan penjualan produk-produk semen di wilayah Jawa Timur mencapai 3,14 juta ton selama periode Januari hingga November. Capaian tersebut mengukuhkan SIG sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 60,5 persen di Jawa Timur pada November 2024, mengalami peningkatan 0,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang tercatat sebesar 59,6 persen.
Subhan menambahkan bahwa Jawa Timur merupakan salah satu pangsa pasar terbesar bagi SIG, menyumbang hampir 20 persen dari total penjualan dan pendapatan perusahaan. Meskipun begitu, SIG tetap percaya bahwa keberhasilan yang diraih tahun ini bukan hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang bagaimana perusahaan tumbuh bersama mitra-mitranya menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.
“Keberhasilan SIG tahun ini bukan hanya soal pencapaian angka penjualan, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa tumbuh bersama untuk masa depan yang berkelanjutan,” ujarnya.