Businesstrack.id- Penyedia layanan telekomunikasi Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh infrastruktur jaringan untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2025.
VP Global Network Operations Telkomsel, Juanita Erawati, dalam rilis pers pada Senin (3/3) menyatakan bahwa Telkomsel siap mengamankan jaringan secara maksimal agar pelanggan tetap terhubung dan dapat menikmati momen kebersamaan tanpa gangguan yang berarti.
Prediksi trafik data Telkomsel selama Ramadhan dan Idul Fitri 2025 diperkirakan akan meningkat hingga 16 persen dibandingkan momen serupa tahun sebelumnya. Total payload data diperkirakan mencapai 69,14 petabyte pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk memastikan pengalaman digital pelanggan tetap optimal, Telkomsel telah melakukan uji jaringan (drive test) dengan total jarak 17.537 km di berbagai jalur utama dan lokasi strategis.
Selain itu, Telkomsel juga telah memetakan 476 titik keramaian di seluruh Indonesia menggunakan teknologi kecerdasan artifisial (AI) dalam jaringan otonom (Autonomous Network) untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara lebih akurat dan mengantisipasi gangguan secara cepat dan proaktif.
Untuk mendukung layanan 5G, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 2100 BTS 5G yang tersebar di 56 kota/kabupaten, termasuk kawasan industri, perumahan, bandara internasional, pelabuhan, rumah sakit, dan destinasi wisata prioritas. Selain itu, lebih dari 700 titik BTS 5G baru juga telah dibangun di Jakarta dan sekitarnya. Tidak ketinggalan, Telkomsel juga memastikan cakupan jaringan 4G/LTE dengan lebih dari 232 ribu BTS 4G/LTE yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi Indonesia.
Juanita juga menambahkan bahwa, “Dengan perluasan cakupan 5G yang terarah, serta penggunaan teknologi AI, kami berharap pengalaman pelanggan di titik-titik keramaian menjadi semakin optimal.”
Telkomsel juga menghadirkan Posko Siaga RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) di berbagai lokasi di seluruh Indonesia untuk mendukung pelayanan pelanggan langsung, menyediakan hiburan interaktif, dan memberikan pengalaman digital istimewa selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 2025.