Businesstrack.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan bahwa sebanyak 689.274 pemudik telah berangkat dari Pulau Jawa dan Sumatera pada empat hari pertama periode Angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 hingga 24 Maret. Hingga tanggal 25 Maret 2025 pukul 06.00 WIB, total penjualan tiket mencapai 2.875.895 tiket, atau 63 persen dari total kapasitas yang disediakan oleh perusahaan.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa dari jumlah tiket yang terjual, sebanyak 2.662.757 tiket adalah untuk perjalanan kereta api jarak jauh dengan tingkat okupansi mencapai 77 persen. Sementara itu, penjualan tiket untuk kereta api lokal tercatat sebanyak 213.138 tiket, atau 19 persen dari total kapasitas.
Untuk perjalanan kereta api jarak jauh, lima stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi adalah:
- Stasiun Pasar Senen: 117.569 penumpang
- Stasiun Gambir: 44.967 penumpang
- Stasiun Yogyakarta: 31.540 penumpang
- Stasiun Semarang Poncol: 25.616 penumpang
- Stasiun Bekasi: 23.265 penumpang
“Angka ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam perjalanan mudik,” ujar Anne.
KAI juga mencatatkan peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran, dengan total 9.656 perjalanan, meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu. Dengan kapasitas mencapai 4.591.510 tempat duduk, KAI berkomitmen untuk memberikan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu.
Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI telah menyiapkan 1.080 perjalanan kereta api ekstra yang siap melayani masyarakat di berbagai rute favorit. KAI juga mengimbau pelanggan untuk memastikan membawa identitas resmi dan tiket perjalanan guna memperlancar proses boarding.
Sebagai alternatif, pelanggan dapat memanfaatkan layanan face recognition yang kini tersedia di 21 stasiun KAI, termasuk Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng. Dengan teknologi ini, proses boarding menjadi lebih praktis tanpa perlu menunjukkan tiket fisik atau identitas.
Anne Purba mengungkapkan, “Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan saat Lebaran. KAI terus berkomitmen memberikan layanan terbaik, memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan.”