Businesstrack.id- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatatkan kinerja operasional yang terus menunjukkan tren positif sepanjang triwulan I 2025, didorong oleh pertumbuhan signifikan di sektor peti kemas, kunjungan kapal, dan arus penumpang.
Executive Director Pelindo Regional 4, Abdul Azis, menyebutkan bahwa volume peti kemas yang ditangani sepanjang Januari hingga Maret 2025 mencapai 619.874 TEUs, naik 2,04 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
“Peningkatan ini mencerminkan hasil nyata dari transformasi pasca integrasi Pelindo serta efisiensi dan perbaikan layanan yang kami lakukan secara konsisten di seluruh wilayah kerja,” ujar Azis di Makassar, Senin (21/4).
Selain arus peti kemas, indikator lainnya juga menunjukkan perbaikan signifikan. Kunjungan kapal (call) di seluruh pelabuhan Regional 4 tercatat sebanyak 26.775 kunjungan, meningkat 22,26 persen dibandingkan triwulan pertama tahun 2024.
Sementara itu, dari sisi arus penumpang, Pelindo Regional 4 juga mengalami kenaikan tajam. Sepanjang tiga bulan pertama 2025, tercatat 1.912.463 orang naik-turun di pelabuhan-pelabuhan di bawah kelolaan Pelindo Regional 4—atau tumbuh 22,21 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat 1.564.961 penumpang.
Yusida M Palesang, Division Head Pelayanan Operasi, menjelaskan bahwa peningkatan kunjungan kapal dan penumpang menunjukkan tumbuhnya kepercayaan para pelaku usaha serta masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan efisiensi operasional yang kini semakin membaik.
Untuk memperkuat kapabilitas layanan, Pelindo Regional 4 juga terus mendorong digitalisasi proses, seperti implementasi Integrated Billing System, penguatan vessel management system, serta peningkatan sistem keamanan pelabuhan.
Peningkatan ini menjadi bukti komitmen Pelindo dalam memperkuat konektivitas logistik nasional, khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang menjadi wilayah kerja strategis bagi Regional 4.