PT ASDP Indonesia Ferry Siapkan Layanan Penyeberangan Libur Natal dan Tahun Baru 2025

Must read

Businesstrack.id- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kesiapan penuh dalam mendukung kelancaran angkutan penyeberangan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Direktur Utama ASDP, Heru Widodo, mengatakan bahwa seluruh layanan dan fasilitas penyeberangan telah dipersiapkan dengan matang, termasuk melalui aplikasi Ferizy untuk memudahkan proses pembelian tiket secara daring.

Tiket Daring Lewat Ferizy, Tidak Ada Penjualan Go-show

Heru mengungkapkan bahwa ASDP telah melakukan sosialisasi aktif untuk mendorong calon penumpang membeli tiket melalui aplikasi Ferizy, yang kini memungkinkan pembelian tiket hingga H-60 keberangkatan. Tiket go-show di pelabuhan tidak lagi tersedia, sehingga masyarakat diminta untuk membeli tiket secara online atau melalui mitra resmi Ferizy. Penumpang juga diimbau untuk memastikan data diri terisi dengan benar saat melakukan reservasi untuk memudahkan proses klaim asuransi.

Prediksi Puncak Pergerakan dan Kenaikan Penumpang

Untuk periode libur Natal dan Tahun Baru, diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang sebesar 4,1 persen, mencapai tiga juta penumpang. Kenaikan trip diprediksi mencapai 14,3 persen, dengan total 14.975 trip, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023. Prediksi puncak pergerakan arus penyeberangan untuk libur Natal diperkirakan terjadi pada 22-23 Desember 2024, sedangkan untuk Tahun Baru pada 30-31 Desember 2024, dengan arus balik diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2025.

Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Program Delaying System

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP bersama dengan pemangku kepentingan akan mengimplementasikan program Delaying System. Program ini mencakup beberapa titik area penumpukan di berbagai pelabuhan. Untuk arah Pelabuhan Merak, program ini diterapkan di rest area KM43, KM68, dan lahan Munic Cikuasa Atas. Sementara itu, untuk Pelabuhan Bakauheni, program ini mencakup rest area KM163B, KM87B, KM49B, dan KM20B. Di Pelabuhan Ketapang, penanganan di titik seperti Terminal Sritanjung, lahan Dermaga Bulusan, dan Grand Watudodol juga diantisipasi. Begitu pula di Pelabuhan Gilimanuk dengan penanganan di UPPKB Cekik, Terminal Kargo, dan Terminal Bus Gilimanuk.

Dengan langkah-langkah persiapan ini, ASDP berharap dapat memberikan pelayanan yang optimal dan memastikan kelancaran perjalanan penumpang selama periode liburan Natal dan Tahun Baru 2025.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article