Businesstrack.id- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berhasil mencatatkan rekor baru untuk jumlah penumpang harian Kereta Cepat Whoosh pada Senin, 27 Januari 2025, dengan total 24.350 penumpang dalam satu hari. Angka ini melampaui rekor sebelumnya yang tercatat pada 5 Juli 2024, yaitu sebanyak 24.132 penumpang per hari.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan bahwa angka penumpang yang tinggi ini mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh. Peningkatan jumlah penumpang ini juga memotivasi KCIC untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna.
“Selain menunjukkan tingginya minat masyarakat, peningkatan jumlah penumpang ini juga mendorong kami untuk terus meningkatkan pelayanan agar semakin nyaman bagi penumpang,” ujar Eva dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.
Rincian penumpang pada 27 Januari 2025 menunjukkan keberangkatan yang cukup merata dari berbagai stasiun, dengan 12.272 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 9.167 penumpang dari Stasiun Padalarang, 2.555 penumpang dari Stasiun Tegalluar Summarecon, dan 356 penumpang dari Stasiun Karawang.
Libur panjang menjadi salah satu faktor utama yang mendorong lonjakan jumlah penumpang. Secara keseluruhan, selama periode 24 hingga 29 Januari 2025, KCIC telah menjual sekitar 115.000 tiket. Untuk hari ini, hingga pagi tadi tercatat telah terjual sebanyak 15.000 tiket, dengan dominasi penumpang yang berangkat dari arah Bandung menuju Jakarta.
KCIC juga mengimbau para penumpang untuk hadir di stasiun minimal 30 menit sebelum keberangkatan untuk menghindari kerumunan dan memastikan proses boarding berjalan lancar. Demi alasan keselamatan, gate di stasiun akan ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Bagi penumpang yang berangkat dari Bandung atau Cimahi, KCIC juga menyediakan layanan KA feeder gratis yang terintegrasi dengan jadwal keberangkatan Whoosh.
“Melihat tingginya animo masyarakat, kami siap menyambut arus balik dengan pelayanan terbaik. Kami akan terus mengutamakan keselamatan perjalanan dan memberikan pengalaman terbaik kepada penumpang Whoosh,” kata Eva menambahkan.
Dengan lonjakan penumpang yang signifikan selama periode libur panjang ini, KCIC terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal dan menjaga keamanan perjalanan bagi seluruh pengguna layanan Kereta Cepat Whoosh.