Businesstrack.id- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi meluncurkan Bale by BTN, sebuah Super App yang menawarkan solusi menyeluruh untuk berbagai kebutuhan perbankan dan keuangan nasabah melalui inovasi digital. Peluncuran ini dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun BTN yang ke-75, di Jakarta pada Minggu, 9 Februari 2025. Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, mengungkapkan bahwa aplikasi ini akan memberikan pengalaman perbankan baru yang lebih mudah dan efisien.
Setelah soft launching pada tahun lalu, BTN kini menargetkan aplikasi ini dapat memiliki 4 hingga 5 juta pengguna hingga akhir 2025. Bale by BTN menjadi langkah strategis untuk menjadikan BTN lebih kompetitif, terutama dalam menjadi bank transaksional yang mengutamakan kenyamanan nasabah.
Aplikasi ini menyatukan berbagai fitur perbankan, seperti pembukaan rekening, transaksi perbankan, pengajuan kredit, dan layanan ekosistem gaya hidup dalam satu platform. Selain itu, nasabah juga bisa mengelola portofolio investasi dan mendapatkan cashback 30% di lebih dari 50 merchant nasional serta ribuan merchant lokal.
Bale by BTN juga memperkuat hubungan nasabah dengan sektor properti, dengan mengintegrasikan platform BTN Properti dan mempermudah proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) secara online.
Dengan visi baru “Beyond Mortgage”, BTN bertujuan menjadi mitra utama dalam pemberdayaan finansial keluarga Indonesia, tidak hanya dalam hal pembiayaan rumah, tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan finansial lainnya. Sebagai bagian dari upaya tersebut, aplikasi ini diharapkan dapat menarik lebih banyak dana murah ritel, mempermudah nasabah dalam bertransaksi digital, dan meningkatkan pendapatan berbasis biaya.
Hingga kini, Super App ini telah mengumpulkan 2,3 juta pengguna aktif, dengan volume transaksi yang terus meningkat, mencapai Rp6,6 triliun per bulan. BTN mencatatkan pencapaian signifikan dengan saldo tabungan yang meningkat 43% pada akhir 2024, mencapai Rp16,76 triliun, serta saldo eDeposito yang melonjak 103% dan saldo merchant yang naik 58%.
Untuk menarik lebih banyak pengguna dari segmen muda, terutama Gen Z, Bale by BTN didesain dengan tampilan yang lebih menarik, menggunakan warna soft dan ikon fitur yang mudah digunakan. “Bale” sendiri dipilih sebagai nama aplikasi, yang berasal dari kata “balai” yang berarti rumah, sehingga diharapkan aplikasi ini dapat menjadi rumah digital bagi seluruh kebutuhan finansial dan gaya hidup nasabah.
Dengan peluncuran Bale by BTN, BTN optimis dapat memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik dan mendekatkan nasabah dengan berbagai layanan finansial dalam satu genggaman tangan.