BRI Siapkan Rp32,8 Triliun untuk Mendukung Transaksi Tunai Selama Lebaran

Must read

Businesstrack.id- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp32,8 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 2025. Langkah ini diambil guna memastikan kelancaran aktivitas ekonomi dan pelayanan perbankan tetap optimal selama libur Lebaran.

SEVP Operations BRI, Nyoman Sugiri Yasa, menjelaskan bahwa momen Lebaran selalu diiringi dengan tingginya permintaan uang tunai, sehingga BRI memastikan ketersediaan likuiditas yang cukup, khususnya di jaringan kantor cabang dan mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, meskipun jumlah uang yang disiapkan sedikit lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan penurunan transaksi tarik tunai sekitar 15 persen serta meningkatnya kebiasaan masyarakat untuk bertransaksi secara non-tunai.

“Proyeksi kas yang disediakan tahun ini tercatat turun sebesar 6,12 persen dibandingkan tahun lalu, karena adanya pergeseran transaksi tunai ke transaksi digital yang terus meningkat,” ujar Nyoman dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

BRI mencatatkan peningkatan signifikan dalam transaksi digital, di antaranya melalui aplikasi BRImo yang mengalami kenaikan 40,54 persen secara tahunan, transaksi QRIS BRI yang tumbuh 186 persen, serta transaksi EDC merchant BRI yang naik 177 persen.

Selain menyediakan uang tunai, BRI juga memastikan layanan digital banking seperti BRImo tetap berjalan lancar, serta memastikan keandalan mesin ATM dan CRM di seluruh Indonesia. Saat ini, BRI memiliki 19.670 unit mesin ATM dan CRM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

BRI juga menyediakan layanan perbankan secara terbatas di kantor-kantor cabang yang berada di titik-titik strategis selama libur Lebaran. Selain itu, lebih dari 1 juta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia juga dioptimalkan untuk mendukung transaksi keuangan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang jauh dari kantor cabang BRI.

Nyoman menegaskan bahwa BRI berkomitmen untuk selalu hadir melayani masyarakat, terutama pada momen-momen penting seperti Lebaran, yang identik dengan tradisi mudik dan aktivitas ekonomi keluarga. Dengan berbagai langkah ini, BRI ingin memastikan masyarakat dapat menikmati perayaan Lebaran tanpa khawatir akan keterbatasan akses terhadap layanan perbankan.

“Kami ingin memastikan masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan nyaman, baik melalui layanan kantor cabang, ATM, BRImo, maupun Agen BRILink. BRI siap melayani Indonesia,” tutup Nyoman.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article