Jalin Sinergi dengan Toko SRC, Pos Indonesia Perluas Akses Layanan Publik hingga Pelosok Negeri

Must read

Businesstrack.id- PT Pos Indonesia (Persero) mengambil langkah strategis dengan menggandeng jaringan ritel Toko SRC untuk memperluas jangkauan layanan publik, khususnya di wilayah yang selama ini minim akses logistik dan administrasi. Kolaborasi ini ditujukan untuk menghadirkan layanan lebih dekat dengan masyarakat melalui toko-toko kelontong yang tergabung dalam ekosistem Sampoerna Retail Community (SRC).

Pelaksana Tugas Direktur Utama sekaligus Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pos Indonesia, Endy Pattia Rahmadi, menekankan pentingnya peran toko ritel lokal dalam transformasi layanan publik. “Melalui kemitraan ini, kami ingin memastikan masyarakat, termasuk pelaku UMKM di pelosok, bisa mendapatkan akses terhadap layanan kurir, logistik, dan dokumen resmi seperti meterai asli dengan lebih mudah,” ujar Endy dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (9/7).

Kolaborasi ini secara resmi dimulai pada 7 Juli 2025 dengan peluncuran program distribusi meterai resmi di Toko SRC. Program ini tidak hanya menyederhanakan akses masyarakat terhadap produk legal dan resmi, tetapi juga memperkuat posisi toko kelontong sebagai simpul layanan masyarakat.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk, Yohan Lesmana, menyebut bahwa kemitraan ini mendukung visi pemberdayaan UMKM kelontong agar bertransformasi menjadi entitas bisnis yang lebih profesional. “Toko SRC tidak lagi hanya sekadar tempat belanja, melainkan juga menjadi pusat layanan publik berbasis komunitas,” ungkapnya.

Tak hanya menyediakan meterai, Toko SRC kini juga berperan sebagai titik layanan pengiriman Pos Aja (Drop Point), memfasilitasi pengiriman dan penerimaan barang di daerah yang belum dijangkau optimal oleh jaringan logistik konvensional. Fasilitas ini telah mulai dijalankan sejak akhir Mei 2025.

Romulus Sutanto, Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), menambahkan bahwa langkah ini mendukung kebijakan pemerintah dalam memperluas inklusi layanan logistik serta meningkatkan kontribusi sektor ritel terhadap pendapatan negara. “Ritel lokal punya potensi besar menjadi bagian dari solusi logistik nasional. Kolaborasi ini adalah bukti nyata bahwa transformasi bisa dimulai dari level komunitas,” ujarnya.

Dengan lebih dari 250.000 Toko SRC yang telah tumbuh selama 17 tahun terakhir, SRC kini memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan menghadirkan layanan publik yang lebih merata.

Kolaborasi Pos Indonesia–SRC ini sejalan dengan agenda nasional untuk UMKM Naik Kelas dan mendukung pelayanan publik yang inklusif dan berbasis komunitas. Inisiatif ini diharapkan menjadi katalis dalam memperkuat konektivitas nasional dan pemerataan layanan hingga ke pelosok negeri.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article